15 July 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Minahasa Utara

    Dapat Hadiah Sepeda, Adik Otniel Makalew Bangga. Apa Pertanyaan President Jokowi?

    Dapat Hadiah Sepeda, Adik Otniel Makalew Bangga. Apa Pertanyaan President Jokowi?

    Radardaerah.com.Minut.Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/01/2023). Bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 ini memiliki kapasitas 26 juta meter kubik.

    “Bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016, artinya sudah lima setengah tahun, dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun. Ini akan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik, dengan luas genangan 157 hektare,” ujar Presiden.

    Kepala Negara menyampaikan, tak hanya untuk keperluan irigasi lahan pertanian, Bendungan Kuwil juga bermanfaat untuk mereduksi banjir di wilayah Sulawesi Utara.

    “Kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir, seperti kita ingat pernah 2014 di Manado pernah banjir bandang,” ujarnya.
    Selain itu, bendungan ini juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

    “Jadi Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik 2 kali 0,70 megawatt. Meskipun kecil, tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro,” pungkasnya.

    Berbeda dengan acara peresmian bendungan sebelumnya, pada peresmian Bendungan Kuwil Kawangkoan ini hadir juga sejumlah pelajar dari SD, SMP, dan SMA yang terlihat antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Pada kesempatan itu, Presiden memanggil dan mengajukan pertanyaan kepada beberapa pelajar.


    “Siapa nama bupati Minahasa Utara” kata Jokowi lalu dijawab oleh adik Otniel Makalew siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalawat Minahasa Utara “Joune Ganda “.
    President memastikan dengan bertanya ” Benar Pak Joune?” lalu disambut Bupati Joune ” Benar Pak” .

    Usai meresmikan Bendungan Kuwil, Presiden bersama rombongan terbatas menebar benih ikan di Bendungan Kuwil.
    Turut mendampingi Presiden dalam peresmian ini, antara lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, dan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *