20 February 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Bitung

    Bitung Raih Penghargaan Tertinggi ADIPURA KENCANA 2022.

    Bitung Raih Penghargaan Tertinggi ADIPURA KENCANA 2022.

    Radardaerah.com. Jakarta. Bertempat di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, M.M menerima Penghargaan Adipura Kencana 2022 Kategori Kota Sedang (Selasa, 28 Februari 2023).

    Penghargaan Adipura ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari 2023 dengan mengusung tema “Zero Waste, Zero Emission Indonesia” dimana tujuannya adalah pengelolaan dan penanganan sampah di Indonesia.
    Penghargaan Adipura terakhir dilakukan pada tahun 2018. Kemudian tertunda dikarenakan Covid-19. Setelah 3 tahun, Penghargaan Adipura kembali dilakukan.

    Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati mengatakan Program Adipura adalah kebijakan tentang pengelolaan sampah dalam pemilahan, pendauran, dan penanggulangan sampah di setiap TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Kota/Kabupaten di Indonesia. Kota/Kabupaten yang yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.
    “Kota/Kabupaten yang mampu mengelola masalah kebersihan di daerahnya, diberikan Penghargaan Adipura. Penghargaan Adipura Tahun 2022 ini dilakukan atas penilaian terhadap 258 Kota/Kabupaten dari 512 Kota/Kabupaten se Indonesia” ujarnya.

    Bitung adalah salah satu Kota yang dinilai dan berhasil dalam mengelola kebersihan kota. Hal ini menjadikan Bitung mendapatkan Penghargaan Adipura Kencana 2022 Kategori Kota Sedang.
    Penghargaan Adipura Kencana adalah Penghargaan Tertinggi kepada Kota/Kabupaten yang memenuhi syarat sebagai Kota yang berkelanjutan serta sebelumnya telah menerima Penghargaan Adipura minimal tiga kali secara berturut-turut.

    Ditemui setelah selesai acara, Maurits katakan berbangga atas Penghargaan yang diterima oleh Kota Bitung. Namun Penghargaan ini bukan sebuah tujuan. Bukan soal kertas atau pialanya. Inti dari pencapaian ini adalah konsistensi dan kolaborasi semua pihak sehingga kebersihan di Kota Bitung terus terjaga.

    Adapun kategori Penghargaan yang diberikan sebagai berikut :
    ⁃ Sertifikat Adipura
    ⁃ Plakat Adipura
    ⁃ Penghargaan Adipura
    ⁃ Penghargaan Adipura Kencana (Penghargaan Tertinggi).

    Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc dalam sambutannya berterima kasih kepada Pemerintah Daerah yang sudah berupaya mengelola kebersihan di daerah masing-masing dan mengucapkan selamat kepada Kota/Kabupaten yang telah mendapatkan Penghargaan Adipura 2022.

    Hadir dalam acara ini; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc; Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati; Dewan Adipura, Ir. Sarwono Kusumaatmaja; Para Walikota/Bupati penerima Penghargaan Adipura.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *