19 July 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Tomohon

    Walikota Caroll: Pemanfaatan Direct Using Geothermal Lahendong Harus Bawa Kesejahteraan Masyarakat


    Radardaerah.com.TOMOHON– Banyak dari kita mungkin belum mengetahui kandungan potensi panas bumi atau Geothermal di Indonesia ternyata merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat yakni sebesar 2.280 megawatt (MW) atau hampir mencapai 40% dari total produksi di seluruh dunia.

    Kontribusi Geothermal Lahendong sendiri menempati tiga (3) besar untuk Indonesia dengan produksi 120 MW. Menariknya, pemanfaatan panas bumi untuk tenaga listrik (indirect using) ternyata hanya sebesar 13 % dari produksi dan selebihnya 87 % adalah untuk pemanfaatan secara langsung (direct using).

    Hal itu dijelaskan GM PT. Pertamina Geothermal Enregy (PGE) Areal Lahendong, Tbk, Ahmad Yani kepada Walikota Tomohon Caroll Senduk, SH yang berkunjung ke kantor PT. PGE Areal Lahendong, Kamis,13 April 2023.

    Walikota dalam kunjungan yang didampingi Sekretaris Daerah Edwin Roring SE, Kadis Pariwisata Judhistira Siwu, Kabag Pembangunan Harriete Rumagit serta Staf Khusus Walikota Jacoba Roeroe mengatakan bahwa Pemerintah Kota akan terus memperkuat kerjasama dengan PT.

    PGE Lahendong guna merangkul masyarakat untuk dapat menerima multiplier-effect terhadap pemanfaatan lansung panas bumi yang dihasilkan PT. PGE Lahendong.

    “Atas nama Pemerintah Kota Tomohon berterima kasih kepada PT PGE Lahendong atas kontribusi terhadap pembangunan Kota Tomohon selama ini. Namun juga berharap agar dapat membuka peluang-peluang pengembangan sektor pariwisata, UMKM, pertanian dan industri melalui direct using produksi geothermal,”  ujar Caroll Senduk.

    Seusai pertemuan di kantor PT. PGE Lahendong dilanjutkan dengan site visit ke area operasi dan PT Gula Aren Masarang yang menjadi pilot project direct using geothermal satu-satunya di Indonesia produksi gula aren dengan memanfaatkan panas bumi.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *