25 May 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Manado Pemerintahan

    Serahkan Dokumen Kependudukan di Mapanget, Plh Kadis Dukcapil Manado Erwin Kontu Tegaskan Tidak Ada Lagi Calo dan Pungli.

    Radardaerah.com.MANADO– Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadis Dukcapil) Kota Manado, Erwin S. Kontu, S.H. didampingi oleh Robert Dauhan, S.STP selaku Camat Mapanget menyerahkan secara simbolis dokumen kependudukan kepada masyarakat di Kantor Camat Mapanget, kamis (25/5/2023)

    Plh. Kadis Dukcapil dalam sambutannya mengatakan bahwa sekarang Dinas Dukcapil aktif menjemput bola mulai dari turun ke lapangan untuk melakukan proses pendaftaran hingga penyerahan administrasi kependudukan secara langsung kepada masyarakat. Kegiatan ini menurut Plh. Kadis Dukcapil dilakukan untuk menghindari praktik calo dalam pengurusan administrasi kependudukan.

    “Tidak ada lagi calo, pembayaran atau pungutan apapun kepada masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan,” katanya.

    Nirbito Soputan, S.H. yang mendampingi Plh. Kadis Dukcapil mengatakan bahwa acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan menjemput bola dari tim Dinas Dukcapil yang dilakukan pada 16-17 Mei 2023 di Perumahan Griya Paniki Indah (GPI). Berikut data administrasi kependudukan yang diperoleh di Perumahan GPI.

    Selasa, 16 Mei 2023:
    KK : 32
    Perekaman KTP : 27
    KTP rusak/hilang : 35
    KIA : 49
    Akta Lahir : 14
    IKD : 8

    Rabu, 17 Mei 2023
    KK : 47
    Perekaman KTP : 12
    KTP rusak/hilang : 63
    KIA : 46
    Akta Lahir : 6
    Akta Kematian : 1
    Permintaan Pindah Dari Luar Kota: 7
    IKD : 14

    Selanjutnya, Nirbito Soputan, S.H. menambahkan bahwa semua administrasi kependudukan telah dicetak dan diserahkan langsung kepada masyarakat yang ada di Perumahan GPI kecuali KTP dan KIA karena harus melalui pusat terlebih dahulu. Oleh karena itu, KTP dan KIA baru diserahkan pada acara hari ini.

    Plh. Kadis Dukcapil menutup acara ini dengan mengajak seluruh masyarakat termasuk pihak dari Dinas Dukcapil sendiri untuk mengubah mindset agar terhindar dari calo dalam mengurus administrasi kependudukan.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *