18 April 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Minahasa Selatan

    Bupati FDW: Bicara CapTikus,Ekonomi, Keamanan dan Ketertiban Harus Jalan Bersama.

    Bupati FDW: Bicara CapTikus,Ekonomi, Keamanan dan Ketertiban Harus Jalan Bersama.

    Radardaerah.com.Minsel.Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., membuka Kegiatan Marijo Bacirita dengan tema “Cap Tikus di Persimpangan Ekonomi dan Kriminalitas. ” bertempat di Villa Sutanraja Amurang.
    Kamis, 8 Juni 2023

    Para Peserta dari Forum Marijo Bacarita tersebut adalah dari Kelompok Tani dan GAMKI Minahasa Selatan

    Kabupaten Minahasa Selatan Memiliki Sumber Daya Alam Dan Kebudayaan Masyarakat Yang Tercermin Dari Produk “cap Tikus”, Yang Merupakan Minuman Olahan Masyarakat Dari Aren Yang Memiliki Kadar Alkohol Cukup Tinggi Yang Juga Merupakan Warisan Budaya Turun Temurun Serta Telah Menjadi Salah Satu Mata-pencaharian Utama Masyarakat Di Beberapa Wilayah Di Kabupaten Minahasa Selatan.

    Adapun Luas Areal Tanaman Pohon Aren Di Kabupaten Minahasa Selatan Mencapai 1.663 Hektar Dengan Produksi Mencapai Kurang Lebih 600 Pohon Per Hektar Dan Telah Bekerjasama Dengan Para Investor Dalam Meningkatkan Perekonomian Petani Cap Tikus Di Minahasa Selatan Di Antaranya Cap Tikus Yang Di Produksi Oleh Pt. Jobubu Jarum Minahasa Tbk. Dengan Merek “cap Tikus 1978” Dan Cap Tikus Yang Di Produksi Oleh Pt. Hakato Artha Industri Dengan Merek “wangae Whisky”. (Berdasarkan Data Dari Bps Minsel Dalam Angka Tahun 2022)

    Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Ini adalah komitmen yang jelas dan tegas bagaimana kita menjaga dan menghidupi para petani captikus kemudian berkaitan dengan adanya peluang ekonomi yang kemudian dikaitkan dengan kriminalitas , ada baiknya disandingkan saja Ekonomi dan keamanan dan ketertiban karena itu harus jalan bersama, ungkap Bupati FDW.

    Selanjutnya Bupati Minahasa Selatan Bpk. Franky Donny Wongkar, SH juga menambahkan Jangan sampai diperhadapkan antara pihak kepolisian dan masyarakat akibat dari konsumsi miras berlebih, tapi disisi lain ini adalah pekerjaan yang sudah lama oleh petani captikus bahkan ada yang berhasil menyekolahkan anak anak sampai ke perguruan tinggi. Harus berjalan bersama Ekonomi dan keamanan dan ketertiban, jika aman dan tertib maka Ekonomi akan berkembang. Biarlah melalui forum ini akan melahirkan ide ide dan pendapat yang mendatangkan kebahagiaan dan kerukunan bagi masyarakat minahasa selatan. Tutup Bupati FDW

    Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Intelkam Polda Sulawesi Utara Bpk. Kombespol. Albert Barita Sihombing, M.Si, MA., Kapolres Minahasa Selatan yang diwakili oleh Bpk. Iptu. Aril Gumalang, SH., selaku Kasat Narkoba Polres Minahasa Selatan, Kasubdit II Bidang Ekonomi Direktorat Intelejen dan Keamanan Polda Sulawesi Utara Bpk. AKBP. Zai, SIK, MH., Dosen Fisika Universitas Sam Ratulangi Manado Dr. Hanny Sangian, M.Si, Dosen Universitas Kristen Indonesia Tomohon Bpk. Dr. Yopie Pengemanan, S.Pd, MM, Jurnalis Bpk. Meykel Lela sekaligus Moderator, Sekretaris GAMKI Minahasa Selatan Bpk. Gembala Maikel Pontoh, S.Pd.K, S.Th, para pemerhati Ekonomi Bina Investasi Kerakyatan dan juga Kelompok Tani.

    Turut hadir mendampingi Bupati Minahasa Selatan, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bpk. Deky Tuwo, S.Sos.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *