18 June 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Manado Sulawesi Utara

    Menteri Agama Lantik Dr. Olivia Wuwung Sebagai Rektor IAKN Manado

    Radardaerah.com.Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hari ini melantik enam Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) untuk masa jabatan tahun 2023 sampai dengan 2027. Salah satunya Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado, Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd.
    Prosesi pelantikan, pengambilan sumpah janji jabatan dan penandatanganan berita acara digelar di Ruang OR Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat No 3-4 Jakarta, Jumat (16/06/23).

    Dalam amanatnya, Menag meminta PTKN untuk bersiap menyongsong Indonesia Emas 2045 yang menjadi tema Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. “Agenda besar RPJPN 2025-2045 adalah juga pekerjaan rumah PTKN. Di berbagai belahan dunia, perguruan tinggi adaah tolak ukur kemajuan sebuah bangsa,” kata Menag Yaqut.

    Menteri Agama menambahkan dalam amanatnya bahwa “PTKN jelas menjadi tumpuan dalam RPJPN 2025-2045. Bukan hanya menyiapkan SDM yang profesional dan siap kerja, namun juga memiliki wawasan kebangsaaan yang moderat,” imbuh Menag.

    Menurut Menag, Transformasi PTKN menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH), merupakan menjadi agenda yang harus diperhatikan serta dapat dilaksanakan dalam rangka menciptakan hal tersebut. Dalam hal ini Menag juga mengingatkan, PTN BH selain amanat UU, juga menjadi keniscayaan menghadapi percaturan global yang semakin dinamis.

    “Saya berharap para pimpinan PTKN memahami secara menyeluruh visi RPJPN ini, menjadi tulang punggung Kementerian Agama melaksanakan pembangunan nasional bidang agama yang holistik dan menyeluruh,” pesan Menag.

    Menag juga meminta agar para pejabat yang dilantik untuk segera melaksanakan tugas-tugasnya. “Sesaat setelah dilantik, Saudara segera lakukan konsolidasi, perkuat organisasi agar tercipta akselerasi program,” tegas Menag.
    Turut hadir dalam pelantikan tersebut Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, para Pejabat Eselon I Kemenag, Staf Khusus, Staf Ahli, dan Tenaga Ahli Menteri Agama.

    Adapun daftar nama Rektor yang dilantik, sebagai berikut:

    1. Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, M.A sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa,
    2. Dr. Husain Insawan, M.Ag sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Qaimuddin Kendari,
    3. Dr. Ahmad Rajafi, M.H sebagai Rektor Institut Agama Islam Manado,
    4. Prof. Dr. Ahmad Dakhoir, S.H.I., M.H.I sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya,
    5. Dr. Abbas Langaji, S.Ag., M.Ag., seebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri Palopo, dan
    6. Dr. Olivia Cherly Wuwung, S.T., M.Pd., sebagai Rektor Institut Agama Kristen Negeri Manado.
    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *