20 February 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Tomohon

    Tingkatkan Minat Literasi Masyarakat, Aplikasi Perpustakaan Digital Segera Diterbitkan

    Radardaerah.com.Tomohon – Pertengahan tahun 2023, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tomohon melalui program-program unggulannya terus meningkatkan minat literasi masyarakat di kota pendidikan (red,Tomohon).

    Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tomohon, Julius Tumilantouw mengungkapkan, saat ini pengelolaan dan pelayanan perpustakaan terus dimaksimalkan dengan terobosan yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

    Katanya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tomohon akan segera mengeluarkan aplikasi perpustakaan digital bagi masyarakat.

    “Tentunya, kami akan segera mengeluarkan aplikasinya, dan kami terus mengupayakan kerja sama dengan pihak penerbit untuk mempersiapkan buku-buku yang dapat di akses secara digital,” katanya Kamis (20/7/2023).

    Ia juga mengatakan, program yang berjalan saat ini seperti perpustakaan keliling terus dimaksimalkan demi penguatan minat baca masyarakat yang ada di kota Tomohon.

    “Kami dengan mobil keliling bersama tenaga perpustakaan terus aktif datang ke sekolah-sekolah yang ada untuk memberikan pelayanan perpustakaan,” katanya.

    “Tidak hanya di sekolah, kami juga sering datang dengan mobil perpustakaan ke terminal dan sering parkir di depan mall yang ada di Tomohon untuk mengajak dan menghimbau masyarakat untuk membaca tentunya,” tambahnya.

    Menurutnya, ketersediaan buku dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tomohon sangat mencukupi. Tak hanya berbasis kurikulum tapi juga buku yang dapat di konsumsi masyarakat luas.

    Selain itu juga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tomohon terus mengupayakan kerja sama dengan para pegiat literasi salah satunya Himpunan Mahasiswa Tomohon Unsrat, dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

    Ia pun membeberkan bahwa saat ini peran media sangatlah besar untuk mengkampanyekan pentingnya meningkatkan minat literasi. Melalui pemberitaan media, masyarakat dapat mengetahui keberadaan serta program-program dari perpustakaan kota Tomohon.

    “Masyarakat yang dulunya bahkan tidak tahu kalau ada perpustakaan di tempat ini, sekarang menjadi tahu ternyata ada tempat seperti ini di kota Tomohon, tentunya melalui pemberitaan media,” kuncinya.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *