25 May 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Bitung Ekonomi & Bisnis Nasional

    Pemkot Bitung Terima 11,6 M Insentif Fiskal, Diserahkan Langsung Menkeu Sri Mulyani dan Mendagri Tito Karnavian

    Radardaerah.com.Bitung. Upaya pengendalian inflasi di Kota Bitung yang dilakukan secara Gotong Royong selama ini mendapat apresiasi dan penghargaan dari pemerintah pusat, melalui pemberian insentif fiskal pengendalian inflasi di daerah yang di berikan oleh kementerian keuangan RI dan Kementerian dalam negeri RI, pada acara pemberian apresiasi kepada pemerintah daerah dengan kinerja pengendalian inflasi terbaik pada periode I tahun 2023 bulan januari sd maret 2023
    Kegiatan penyerahan insentif fiskal kinerja tahun berjalan untuk kategori kinerja dalam rangka pengendalian inflasi daerah periode I tahun 2023 yg dirangkaikan dengan rakor pengendalian inflasi tahun 2023 di laksanakan di Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri RI, senin, 31-07-23.


    Pemerintah Kota Bitung sendiri mendapat undangan dari Menteri Dalam Negeri RI dengan no 500.2.3/3926/SJ dengan Klasifikasi sangat segera.

    Laporan penetapan insentif fiskal oleh Dirjen Perimbangan Keuangan Kemeterian Keuangan bpk Luky Alfirman. Dalam laporannya bahwa acara pada hari ini memiliki 2 tujuan utama, 1 utk meningkatkan partisipasi pemda dalam mengendalikan tingkat inflasi di daerah, 2. Memberikan penghargaan kepada daerah yang telah berkinerja baik dalam mengendalikan tingkat inflasi di daerah serta untuk memacu daerah lain agar semakin meningkatkan kinerja nya dalam rangka menekan inflasi di daerah.
    Penerima intensif fiskal berdasarkan pertama : peringkat terbaik sehinggah penerima alokasi menjadi lebih besar. Kedua: kinerja yg di nilai di laksanakan di awal tahun sehingga dpt meningkatkan fokus kinerjanya, ketiga : memberikan fiscal untuk kinerja tahun berjalan dalam beberapa periode agar pemda dapat terus terpacu untuk meningkatkan kinerjanya sepanjang tahun bersangkutan.
    Jumlah daerah penerima alokasi ada 33 daerah, 3 provinsi, 6 kota dan 24 kabupaten. Total alokasi yg di berikan pada periode I ini sebesar 330 M. Dengan alokasi tertinggi sebesar 12,29 M terrendah 8,982 M.
    Indikator Penilaian berdasarkan 4 hal: 1. Upaya pengendalian inflasi pangan. 2. Laporan pengendalian inflasi, 3. Indeks pengendalian harga, 4. Realisasi belanja pendukung pengendalian inflasi.

    Dalam sambutannya Menteri Keuangan RI mengatakan “Insentif fiscal ini di gunakan untuk kegiatan yang manfaatnya diterima atau di rasakan langsung oleh masyarakat dan mendukung kebijakan pengendalian inflasi ,penurunan stunting, peningkatan investasi dan penurunan kemiskinan”.

    Sekretaris daerah kota bitung Ir, Ignatius Rudy Theno, ST, MT yang mewakili Walikota Bitung dalam menerima apresiasi tersebut mengatakan, “Terima kasih sebesar besarnya kepada Menteri Dalam Negeri RI serta Menteri Keuangan RI yang sudah memberikan insentif fiskal kinerja tahun berjalan utk kategori kinerja dalam rangka pengendalian inflasi daerah periode I tahun 2023, ini merupakan motivasi buat Pemerintah Kota Bitung dan bisa berkesinambungan dan ini menjadi trigger bagi kami pemerintah daerah untuk bekerja lebih giat lagi, dengan tag line pemkot bitung yaitu bekerja dengan cinta jauhi kebencian bisa mengakselerasi sehingga pemerintah bisa memberikan yang terbaik buat masyarakat”.
    Pemerintah kota Bitung dlm hal ini TPID Kota Bitung dalam pengendalian inflasi yaitu: pemberian bantuan masyarakat miskin,lansia,umkm,nelayan,bantuan bibit tanman dan ayam petelur dan pasar murah yg diselenggarakan di 8 kec.di Kota Bitung.Selain itu yg menjadi 1 unsur penilaian penting yaitu pelaporan yang disajikan ke kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan tepat waktu

    Rudy Theno yang didampingi Kabag Ekonomi Pemkot Bitung juga menambahkan jika Kota Bitung menjadi terbaik adalah karena Inovasi dari Walikota Bitung yang memberikan ide-ide pemanfaatan dana inflasi daerah untuk Masyarakat. “Ini adalah ide dari Walikota Bitung sehingga Pemkot Bitung menjadi terbaik,”katanya.
    Dikatakannya, kalau Bitung lah satu-satu daerah yang membagikan Daging, sampai Sayur, pupuk kepada warga Kota Bitung. ”Mungkin ini satu-satunya di dunia, Pemerintah membagikan seluruh masyakatnya makanan dalam bentuk daging yang dilakukan oleh pihak rohaniawan,” jelasnya.
    Diapun merincikan jika untuk dana inflasi daerah ini pemkot Bitung telah membagikan Bibit Cabe kepada Warganya sebanyak 45.211, Polibag, bibit 40.900 Polibag Bibit Tomat, 9.900 polibag bibit daun bawang, 10.341 Polibag bibit Sayur yang 341nya untuk keluarga rawan inflasi, 40.150 kg Daging babi untuk yang beragama Kristen dan 8000 kg Daging Sapi untuk yang beragama Muslim.

    Pemerintah kota bitung mendapatkan Rp. 11.677.460.000. insentif fiscal, dan Untuk Tingkat Kota dari 6 Kota yang menerima, Kota Bitung tertinggi nilainya
    Ini adalah provinsi serta kabupaten kota penerima insentive fiscal:
    Provinsi: 1. DKI Jakarta, 2. Kalimantan Tengah, 3. Gorontalo
    Kabupaten: 1. Aceh Barat, 2. Aceh Besar, 3. Aceh Selatan, 4. Gayo Lues, 5. Indragiri Hilir, 6. Bungo, 7. Merangin, 8. Banyuasin, 9. Ogan Ilir, 10. Bengkulu Utara, 11. Bekasi, 12. Garut, 13. Pangandaran, 14. Jepara, 15. Sleman, 16. Banyuwangi, 17. Sintang, 18. Kayong Utara, 19. Sukamara, 20. Minahasa Selatan, 21. Halmahera Timur, 22. Halmahera Selatan, 23. Bangka Tengah, 24. Pohuwato
    Kota: 1. Langsa, 2. Gunungsitoli, 3. Payakumbuh, 4. Dumai, 5. Bitung, 6. Serang.

    Yang hadir menteri dalam negeri, menteri keuangan,kepala badan nasional Kepala Badan nasional Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, kepala badan pangan nasional, direktur kebijakan ekonomi dan moneter Indonesia, para pejabat tinggi madya dan pratama kementerian dan lembaga, para gubernur serta walikota/bupati.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *