25 May 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Manado Pemerintahan

    Pemeriksaan BPK Soal Pengelolaan Sampah, Kota Manado Dinilai Semakin Bersih

    Radardaerah.com.Manado. Pemerintah Kota Manado semakin giat dalam meningkatan efektivitas pengelolaan sampah. Intervensi tentang kebersihan gencar dilakukan dengan menyiapkan sumber daya yang diperlukan, mulai dari sarana dan prasarana hingga sumber daya manusia.

    Pemerintah Kota Manado melakukan sosialisasi dan edukasi terkait kebersihan. Sosialisasi dilakukan mulai dari siswa/siswi di sekolah-sekolah untuk menjaga kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

    Pemerintah Kota Manado juga membentuk Stasiun Peralihan Antara (SPA). SPA mengatasi keberadaan penumpukan sampah akibat keterlambatan pengangkutan dengan memodifikasi mekanisme pengangkutan sampah.

    Sampah dari motor sampah langsung diangkut di truk di SPA, jadi tak ada sampah yang terlantar. Pada Januri 2023, Pemerintah Kota Manado bertemu dengan perwakilan dari Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Lembaga asal Jerman untuk mejalin kerja sama dalam bidang pengelolaan sampah di Kota Manado.

    Program yang dibahas yakni “Reduce, Reuse, Recycle to Protect the Marine Environment and Coral Reefs” atau 3RproMar.

    Dinas Lingkungan Hidup yang memiliki armada angkutan sampah roda 3 untuk pengelolaan sampah di Kota Manado juga lebih sigap dengan melakukan “jemput bola” ke lokasi-lokasi dengan tumpukan sampah yang signifikan. Pada 10 April 2023, DLH merespon keluhan masyarakan dan turun ke salah satu pantai yang ada di Kota Manado untuk melakukan pembersihan.

    Sebanyak 6 Ton sampah berhasil dikumpulkan dan dibawa ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sumompo. Selain itu, DLH juga mengembangkan produk Eco Enzyme yang diperoleh dengan mengolah sampah kulit buah. Eco Enzyme dapat digunakan untuk penghilang bau sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) dan juga sebagai pupuk.

    Upaya-upaya yang disebutkan diatas merupakan respon positif atas Hasil Pemeriksaan BPK terhadap pengelolaan sampah di Kota Manado pada tahun 2022 dan secara nyata berhasil membuat Kota Manado menjadi semakin bersih

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *