15 July 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Manado

    AA-RS Bahas Pembangunan Revetment Bersama BWS Sulut I.

    Radardaerah.com.Manado. Wali Kota dan Wakil Wali Kota melakukan pertemuan dengan Pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulut I diruang rapat Wali Kota Manado, Senin 4/9/2023. Ada pun yang dibahas soal Pekerjaan Pembangunan Revetment di Teluk Manado, Kompleks Pasar Bersehati.


    Dalam bidang restorasi sungai, rekayasa sungai, dan teknik pantai, revetmen adalah struktur pelindung yang dibangun di bantaran sungai atau pantai untuk menyerap energi dari aliran air atau ombak.

    Revetmen di sungai dan pantai umumnya dibangun untuk mencegah pergeseran garis pantai dan erosi.

    Hadir dalam pertemuan ini Kepala BWS Sulut I Bpk. I Komang Sudana, para pejabat teknis lainnya serta beberapa staf BWS Sulut I.

    Dari Pemerintah Kota hadir Sekretaris Pemerintah Kota Bpk. Dr. Micler C S. Lakat S.H, M.H dan Kadis PUPR Kota Manado, Bpk. Johnny Suwu S.T

    Pihak BWS Sulut I dan Pemerintah Kota ikut membahas berbagai hal sehubugan dengan program -program yang akan dikaksanakan baik oleh Pemerintah Kota maupun program pembangunan dari pihak BWS Sulut I yang akan dilaksanakan di Kota Manado.

    Pelaksanaan program ini perlu ada penyamaan persepsi dengan berbagai kendala ikut dibahas. Hal-hal menyangkut aturan serta berbagai kebijakan pemerintah kota ikut dibahas supaya ketika ada eksekusi program dilapangan tidak akan menghadapi hambatan.

    Makanya pembahasan awal menyangkut hal-hal yang umum dan selanjutnya
    membahas bangunan-bangunan yang berada di bantaran sungai terutama yang akan dilaksanakan pekerjaan normalisasi sungai dari BWS Sulut I.

    Bahasan inti adalah soal Konstruksi Revetment yang akan digunakan di Kompleks Pasar Bersehati. Dibahas secara teknis metode pelaksanaan dilapangan serta segmen-segmen yang akan dilakukan pekerjaan. Kondisi eksisting Pembangunan Revetment di Teluk Manado, Kompleks Bersehati ikut ditampilkan dan selanjutnya dibahas bersama Wali Kota Wakil Wali Kota, Sekot dan Kadis PUPR.

    Selain pembahasan teknis pembangunan Revetment, pihak BWS butuh masukan dan persetujuan dari Wali Kota, Wakil Wali Kota dan Sekot dalam rangka penataan taman disekitar lokasi pembangunan Revetment agar kelihatan estetik. Di sekitar lokasi pembangunan Revetment disepakati, nantinya akan ditanam pohon untuk jenis tertentu termasuk teknis penanamannya agar tidak merusak infrastruktur yang akan dibangun.

    Hal-hal teknis lainnya seperti parkir alat dan keluar masuk kendaraan proyek akan dikoordinasikan dengan pihak PD Pasar Manado. Tindak lanjut pembahasan ini, Wali Kota meminta sekot dan PUPR Kota Manado untuk ikut serta terlibat dilapangan.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *