18 June 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Minahasa Selatan

    Bupati FDW Panen Jagung Bersama Kelompok Tani ODC Minsel

    Radardaerah.com.MINSEL– Bupati Minahasa Selatan, Bpk. Franky Donny Wongkar, SH., menghadiri kegiatan Panen Jagung, yang diselenggarakan oleh Kelompok Tani Olly Dondokambey Center (ODC) Kabupaten Minahasa Selatan, bertempat di Lahan Perkebunan Bitangar, Desa Ongkaw, Kecamatan Sinonsayang.
    Jumat, 8 September 2023

    pelaksanaan kegiatan saat ini merupakan implementasi dari program “marijo batanam”, juga dalam Menghadapi inflasi dan mewujudkan kedaulatan pangan bahkan ikut menyukseskan program ASN menanam

    Pada tahun 2022 capaian luas tanam jagung dikabupaten minahasa selatan sebesar 29. 845,10 hekter, dan luas panen jagung 30.769,20 hektar dengan produksi jagung sebanyak 150.246 ton sehingga pemerintah kabupaten minahasa selatan melalui dinas pertanian pada tahun 2023 memberikan bantuan benih jagung sebanyak 66.690 kilogram, dengan luas tanam 4.446 hektar untuk 973 kelompok tani. *(sumber : dinas pertanian kabupaten minahasa selatan dan bps kabupaten minahasa selatan tahun 2023).

    Memasuki situasi pasca pandemi covid-19 yang secara parsial mengakibatkan perlambatan ekonomi nasional bahkan global akibat inflasi. Berbagai upaya terus dilakukan oleh pemerintah pusat maupun daerah dalam menghadapi permasalahan inflasi, salah satunya melalui penguatan hasil komoditas pangan yang terpantau tinggi berdasarkan laporan bulanan kemenkeu RI bulan juli 2023.
    Hal tersebut menjadi peluang besar bagi kabupaten minahasa selatan, yang memiliki potensi pada sektor perkebunan dengan luas areal sebesar 46 ribu 400 koma 97 hektar dan sektor pertanian dengan luas areal sebesar 89 ribu 923 hektar atau 61,7% dari total luas wilayah kabupaten minahasa selatan, sehingga pemerintah daerah memfokuskan sektor pertanian dan sektor perkebunan sebagai sektor unggulan dalam upaya pemulihan dan peningkatan ekonomi di kabupaten minahasa selatan dengan program inovasi “marijo batanam”.

    Turut hadir anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara Bpk. Boy Tumiwa, B.Sc, SH, M.Si., anggota DPRD Kabupaten Minahasa Selatan Bpk. Franky Lelengboto, ST., Kepala Cabang Dinas Minahasa Selatan dan Minahasa Tenggara Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara Bpk. Ari Etoloh, SE., para Staf Ahli Bupati, pemilik Perkebunan Bitangar serta anggota Kelompok Tani ODC.
    Bupati Minahasa Selatan didampingi oleh Camat Sinonsayang serta Hukum Tua se-Kecamatan Sinonsayang

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *