25 May 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Uncategorized

    Pemkot Tomohon Siap Dukung Satu Data Indonesia, Komitmen Penuhi Kebutuhan Data


    Radardaerah.com.TOMOHON- Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah melaksanakan rapat koordinasi forum Satu Data Indonesia (SDI) tingkat daerah bertempat di Ruang Rapat Bapelitbangda Kota Tomohon. Rabu (04/10/2023).

    Satu Data Indonesia merupakan inisiatif Pemerintah untuk mendorong pengambilan keputusan berdasarkan data. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan pemenuhan data pemerintah yang akurat, terbuka dan dibagi pakaikan.

    Hal ini juga sesuai dengan amanat, Peraturan Presiden Republik Indonesia No.39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Forum Satu Data Indonesia tingkat daerah berkomunikasi dan Berkoordinasi dalam rangka menyelesaikan permasalahan terkait penyelenggaraan Satu Data Indonesia di tingkat Daerah.

    Kepala Dinas Plt.Bapelitbangda Kota Tomohon Inggrit YF Palit S.Pt M.M, Selaku Ketua Sekretariat Data menyampaikan bahwa data atau informasi merupakan salah satu bahan evaluasi pelaksana perencanaan pembangun Daerah, karena saat ini data-data pembangunan dipandang belum lengkap.

    “Sehingga diperlukan suatu upaya untuk melengkapi dan senantiasa untuk memperbaharuinya dengan pengumpulan data secara bertahap dengan mekanisme merubah dari pola secara manual ke pola elektronik,” ungkapnya

    Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Tomohon Royke Roeroe SP. MAP selaku Walidata menyampaikan tujuan kegiatan ini guna menyamakan persepsi dalam mengevaluasi masalah yang muncul selama ini dalam proses pengumpulan data prioritas sebagai bahan masukan untuk pelaksanaan kegiatan yang akan datang.

    “Maksud kegiatan kita ini yaitu untuk menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data-data prioritas yang akan dikumpulkan dalam penyelenggaraan data statistik sektoral”. Ujarnya

    Kegiatan Rapat Forum Satu Data Indonesia Tingkat Daerah ini menjadi benteng untuk pemuktahiran data untuk menyusun perencanaan di daerah.

    “Mudah-mudahan sistem data yang ada diantara seluruh SKPD di Kota Tomohon terkoneksi dengan baik dan bisa di akses oleh seluruh Kepala Daerah,” tukasnya.

    Pembina Data Kepala BPS Kota Tomohon  Ir Jefry J Runtulalo MM menyatakan Satu Data Indonesia yang diinginkan bahwa data
    harus memenuhi standar data, memiliki metadata, menggunakan kode referensi atau data induk serta memenuhi kaidah interopebilitas data.

    “Kami dari BPS sebagai pembina data akan melakukan Forum Data Kota Tomohon, Portal Satu Data serta Desa Cantik Statistik yaitu Kelurahan Pinaras yang akan kita Bina,” Ujarnya

    Ia berharap agar seluruh pihak terkait mendata dengan akurat dan sebenar-benarnya sesuai dengan yang ada dilapangan.

    “Kemuktahiran data menentukan Perencanaan Daerah yang baik,” tandasnya.

    Turut hadir sejumlah kepala OPD lingkup Pemkot Tomohon.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *