25 May 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Manado

    Hadiri Rakor TPPS, Wakil Walikota: Keberhasilan Kita Adalah Menekan Stunting Di Manado

    Radardaerah.com. MANADO – Pemerintah Kota Manado (Pemkot) menggelar Rapat koordinasi (Rakor) tim percepatan penurunan stunting  (TPPS) tingkat Kota Manado yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Nanado dr Richard Sualang yang juga adalah Ketua TPPS Kota Manado.

    Kegiatan Rakor tersebut digelar di Aula Serbaguna, Jumat (03/11/23) dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Dr Micler C.S Lakat, Asisten Pemerintahan dan Kesra Juleses Ohlers, SH, Sekretaris TP PKK Kora Manado dr Merry Mawardi- Sualang, dan Kadis Miesje Wollah, Kadis Kominfo Rein Heydemans, Kadis Kesehatan dr Steaven Dandel.

    Wakil Wali Kota saat membuka Rakor tersebut mengatakan Rakor ini sudah cukup lama dilaksanakan tapi sebagai tanggungjawab kita bersama terus melaksanakan tugas sebagai TPPS.

    Jadi tim ini kata Wawali Sualang, sudah mencakup seluruh stakeholder dari berbagai sektor yang ada di Pemerintah Kota Manado maupun di masyarakat. “Jadi tentu kita semua melihat bahwa program pemerintah pusat, provinsi maupun Pemerintah Kota ini sinergis. Jadi ketika kita semua ditugaskan untuk melaksanakan penurunan stunting ini, tentu kita semua yang ada di Kota Manado ini wajib melaksanakan kegiatan – kegiatan tersebut,” terang Ketua TPPS Kota Manado dr Richard Sualang.

    Tentu kata Wawali, semua kegiatan  sudah sistem, sudah ada mekanisme sudah ada petunjuk pelaksanaan, sudah ada parameter bagaimana kerja-kerja TPPS ini bisa menunjukan angka-angka keberhasilan. ” Tentu keberhasilannya kita harus dapat menekan anak stunting yang ada di Kota Manado.

    Tentu penanganannya sudah ada sistem dan mekanisme yang harus dimaksimalkan dan didukung dengan anggaran yang mumpuni,” kata Ichad sapaan akrab wawali Manado tersebut.

    Wawali juga meminta para camat melalui Ketua Lingkungan untuk memonitor berapa jumlah ibu -ibu hamil yang ada di wilayah masing-masing agar dapat di data dan bisa diketahui berapa banyak yang rutin memeriksa kesehatan ke dokter atau Puskesmas. “Ini juga harus didorong supaya kesadaran masyarakat juga meningkat. Dan tentu kerjasama dengan Puskesmas koordinasinya harus bagus,” terang Ichad.

    Lagi kata Ichad, kita semua harus menyatakan tekad  menjaga semangat bahwa Goals atau tujuan TPPS ini ada mengentaskan stunting sampai zero atal nol. “Kita semua sebenarnya sudah tahu caranya tapi kita membutuhkan konsistensi bagaimana melaksanakan tugas-tugas kita ” tandasnya.

    “Semoga Rakor kita pada hari ini bukan saja mengembalikan semangat  dalam pengentasan stunting tapi ini harus menjadi momentum koordinasi antar sektor yang hadir saat ini bagaimana  kita mengentaskan stunting sampai nol,” tutup Ichad.

    Sebelumnya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Manado Ir Meisje Wollah, MS.i dalam laporannya menyampaikan fakta penting yang dilakukan Pemkot Manado untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara OPD penanggungjawab. “Pemkot Manado secara bersama-sama akan melakukan konfirmasi, sinkronisasi dan sinergitas hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan  dari OPD penanggungjawab layanan di Kota Manado,” terang Wollah. Turut hadir juga Kaban Bapelitbangda Ir Liny Tambajong, ST, Kadis Pertanian dan Kelautan, para TPP PKK Kecamatan, Camat, serta undangan lainnya.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *