15 July 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Bitung Ekonomi & Bisnis Nasional

    Bersama 26 Dekranasda Se Indonesia, Bitung Berpartisipasi Dalam Pameran Gebyar Kriya Nusantara di Daerah Istimewa Yogyakarta

    Radardaerah.com.DIY. Dekranasda Kota Bitung Mengikuti pameran Gebyar Kriya Nusantara di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) 9-12 November 2023.
    Dekranasda Bitung bersama Dekranasda Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Minahasa Tenggara, Kota Manado, dan Kotamobagu mewakili Propinsi Sulawesi Utara dalam Gebyar Kriya Nusantara yang diikuti oleh 26 Dekranasda Kabupaten Kota Se-Indonesia.


    Ketua Dekranasda Bitung, Ny.Rita Mantiri Tangkudung ST ditunjuk menjadi perwakilan pengutusan Dekranasda Sulawesi Utara serta menerima dan bertukar cinderamata dari ketua Dekranasda Provinsi DIY Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Hal ini dikarenakan Dekranasda Bitung memiliki booth sendiri dan memiliki Batik Bitung yang dijual bersama produk kriya lainnya di Galeri Bitung Sepakat, yang merupakan satu-satunya Galeri oleh Dekranasda di Sulawesi Utara.


    Gebyar Seni Kriya Nusantara bertujuan menjadi sarana publikasi dan promosi hasil hasil seni kriya dari berbagai daerah di Indonesia, menjaring peluang investasi, serta menunjukkan inovasi dalam karya yang nantinya akan menambah dan meningkatkan wawasan pengrajin daerah.
    “Pada Prinsipnya “Kriya Nusa” yang berarti Kerajinan Nusantara perlu melaksanakan Pameran Kriya ,karena bentuk promosi yang diperlukan untuk mengenalkan kerajinan adalah dengan langsung melihat, memegang dan menyentuh kerajinan yang ada sehingga diterima dan disukai” ujar koordinator Bidang pameran dan promosi Luar negeri Melda Sidangoli Ph.D.


    Dekranasda Bitung sendiri memanfaatkan peluang pada Pameran ini dengan menghadirkan langsung pengrajin binaan Dekranasda Bitung diantaranya : Smalty Tatambihe (Akarmina ), Chris (Rumah Pasir), Holly Muhaling (Kartika Lembeh), Meity (TaliKur) serta berbagai sarana promosi dan produk produk kerajinan dari Bitung yang dibawa oleh pengurus Dekranasda yang bertugas.
    Di hari pertama pembukaan Gebyar Kriya Nusantara , Dekranasda Bitung langsung mendapat kunjungan dari Ketua Dekranasda Pekalongan. Pekalongan yang terkenal sebagai Kota penghasil Batik menaruh minat pada Desain Batik Bitung yang telah memiliki hak cipta. Beliau juga berbagi ilmu mengenai produksi massal untuk Batik Bitung dan bagaimana penentuan harga agar lebih terjangkau serta desain dan promosi.
    Secara khusus Batik Bitung yang telah di desain menjadi pakaian jadi diperkenalkan dan diperagakan oleh Putra Putri Bitung 2023 di Jogjakarta yang merupakan Kota Batik Dunia yang diakui sejak tahun 2014.
    Pameran Kriya Nusantara ini bukan hanya memperkenalkan Kerajinan, tapi juga budaya, ide, dan kreatifitas masyarakat Kota Bitung ke nasional.

    “Terimakasih banyak untuk Ibu Ketua Dekranasda Bitung, karena saya dapat mengikuti Kriya Nusantara di Jogjakarta ini. Di hari pertama saya sudah mendapat banyak wawasan dan inovasi mengenai desain produk yang nantinya bisa saya terapkan di Kota Bitung. Kami pengrajin juga bertemu dan bertukar informasi dengan pengrajin pengrajin dari daerah lain, mereka tidak segan segan membagikan pengetahuan yang mereka miliki terutama mengenai penjualan, promosi luar negeri, serta mendapatkan ide untuk berkarya lebih baik lagi”.
    Ungkap Smalty pemilik Akarmina Handicraft (produk yang dibawa patung Tarsius, patung cakalang, gantungan kunci dari batok kelapa ukuran Tarsius, plakat, dll)

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *