20 February 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Ekonomi & Bisnis Minahasa Utara

    Bupati Joune Ganda Hadiri RBXperience 2023 Di Bali.Ini Momentum Tepat Memperkuat Komitmen Pemerintah Wujudkan Birokrasi Berkelas Dunia

    Radardaerah.com.Bali. Bupati Minahasa Utara Joune Ganda, S.E, MAP, MM, M.Si., dengan antusias menghadiri acara RBXperience 2023 yang diselenggarakan di BNDCC Bali.

    RBXperience 2023 adalah salah satu upaya dan komitmen PANRB sebagai sektor terdepan dalam reformasi birokrasi untuk mendorong perubahan yang berdampak, mempersatukan semua pihak terkait, menghilangkan batasan antar instansi pemerintah, memfasilitasi pertukaran ide dan gagasan, serta menjadi tempat pembelajaran bersama bagi semua pihak.

    Acara ini diadakan oleh Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Kementerian PANRB. Kegiatan RBXperience 2023 dimulai dengan sambutan Pj Gubernur Provinsi Bali, Sang Made Mahendra Jaya, dan dilanjutkan dengan pidato utama dan pembukaan oleh Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, yang ditandai dengan pemukulan gong di Bali Nusa Dua Convention Center 1, Kawasan Terpadu ITDC NW/1, Nusa Dua-Bali pada Selasa, 5 Desember 2023.

    Bupati Joune Ganda mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan RBXperience ini, banyak hal yang dipelajari dari beberapa paparan materi. Baik Menteri PANRB, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro dengan materi Percepatan Pelaksanaan RB Berdampak pada pemerintahan daerah, maupun Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh dengan materi Transformasi Pengawasan Dalam Optimalisasi RB Berdampak, serta keynote speech Deputi PEPP Kementerian Bappenas Erwin Dimas dengan tema RB Untuk Indonesia Emas 2045, “terang Bupati Minahasa Utara.

    Bupati Minahasa Utara menyatakan, “Setelah ini, tentu kita akan mempersiapkan diri dengan lebih baik, salah satunya dengan memperbaiki reformasi birokrasi agar benar-benar memberikan dampak positif. Ada banyak hal yang membuat kita harus siap, termasuk perubahan-perubahan dan pola kerja yang baru.”

    Kegiatan RB XPerience dan Penyerahan Hasil Evaluasi RB, AKIP dan ZI Tahun 2023 merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diikuti oleh semua pemangku kepentingan dalam reformasi birokrasi, termasuk Minahasa Utara,” ujar Bupati Joune Ganda. “Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman praktik baik dalam reformasi birokrasi untuk pembangunan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.”

    Bupati Joune Ganda menambahkan, “Ini juga menjadi momentum yang tepat untuk memperkuat komitmen pemerintah dalam mewujudkan birokrasi berkelas dunia. Dengan adanya road map reformasi birokrasi yang menjadi petunjuk dalam pencapaian tujuan reformasi birokrasi menuju Dynamic Governance, kami berharap para pemangku kepentingan dapat lebih fokus dan terarah dalam melaksanakan reformasi birokrasi.”pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Joune Ganda dalam Kegiatan RB XPerience dan Penyerahan Hasil Evaluasi RB, AKIP dan ZI Tahun 2023 yang diselenggarakan di Bali.

    Selain itu, dalam talk show Inspirasi RB Berdampak, banyak hal menarik yang mengingatkan daerah dalam implementasi reformasi birokrasi yang lebih berdampak.

    Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan bahwa politik boleh berjalan, tetapi birokrasi tidak boleh berhenti. Karena birokrasi adalah nadi dari pelayanan publik.

    Beliau menambahkan bahwa RBXperience 2023 merupakan salah satu upaya dan komitmen PANRB sebagai sektor terdepan dalam reformasi birokrasi untuk mendorong perubahan yang berdampak, mempersatukan semua pihak terkait, menghilangkan batasan antar instansi pemerintah, memfasilitasi pertukaran ide dan gagasan, serta menjadi tempat pembelajaran bersama bagi semua pihak.

    “Kami ingin menyampaikan bahwa RBXperience bukan sekadar seremoni yang hanya ramai pada hari ini dan ditutup pada sore hari. Kami berharap acara ini bukan hanya seremoni, melainkan program yang benar-benar memberikan dampak nyata,” ujar Abdullah Azwar Anas.

    Selama RBXperience, terdapat beberapa kegiatan menarik, seperti talk show Inspirasi RB Berdampak, coaching clinic, dan peer teaching.

    Abdullah Azwar Anas juga memberikan pesan kepada semua peserta, “Tahapan-tahapan ini sangat penting untuk diikuti. Jangan sia-siakan kesempatan ini setelah datang dari jauh. Silakan siapkan tulisan dan laporkan kepada bupati, wali kota, atau gubernur. Karena jika tidak dilaporkan, atasan tentu tidak akan mengetahui dan hal tersebut tidak akan menjadi kebijakan.”

    Tampak hadir juga Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana Minahasa Utara, Herman Mengko, serta instansi terkait dari Kabupaten Minahasa Utara. (

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *