19 July 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Pendidikan Tomohon

    Sosialisasi Pembumian Pancasila Di Buka Secara Resmi Oleh Walikota Caroll, Apresiasi Sebagai Bentuk Mempertebal Patriotisme Atau Cinta Terhadap Tanah Air.

    Radardaerah.com. Tomohon. Kegiatan Sosialisasi Pembumian Pancasila Sub Kegiatan Perumusan Kebijakan di Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Karakter Bangsa, Pembauran Kebangsaan, Bhinneka Tunggal Ika dan Sejarah Kebangsaan Tahun Anggaran 2023 bertempat: Emera Hills Tomohon. Selasa,(5/12/2023).

    Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk SH dalam sambutannya mengatakan
    “saya selaku Pemerintah Kota Tomohon mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, yang dilaksanakan sebagai bagian dari upaya Pemerintah untuk mempertebal patriotisme atau cinta terhadap tanah air. Indonesia adalah Negara Kedaulatan yang menjadikan pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. sejak kelahirannya sampai hari ini Pancasila adalah kekuatan kita untuk berjuang membangun cita-cita kita. selain itu pancasila menjadi pengingat kita bahwa di tengah semua situasi dan kondisi, kedaulatan Indonesia berdasar pada keadilan sosial dan persatuan seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, merefleksikan kembali nilai-nilai pancasila pada hari ini merupakan awal yang baik untuk menyatukan cita-cita dan langkah kita ke depan. Sila pertama hingga sila kelima Pancasila mengandung nilai-nilainya tersendiri. Pancasila memberikan batasan terhadap demokrasi yang bersifat universal. Dalam Pancasila terdapat makna baik yang tersurat maupun tersirat sebagai perwujudan dari demokrasi indonesia. Dalam menginternalisasi nilai Pancasila, komunitas masyarakat berperan untuk memperkuat system pendidikan, peningkatan jati diri dan karakter Bangsa, peningkatan komitmen pemimpin Nasional, serta pemahaman nilai-nilai Pancasila,” ujar Walikota Caroll Senduk



    “Negara Indonesia sebagai Negara Kedaulatan yang mengurus dan melayani seluruh lapisan masyarakat, serta memilih wakil rakyat untuk mengawasi jalannya Pemerintahan. Dalam hal ini Rakyat Indonesia memiliki kedaulatan, memiliki tanggung jawab, hak dan kewajiban untuk memilih pemimpin yang akan membentuk pemerintahan. Pemilihan umum (pemilu) 2024 merupakan momentum bagi calon anggota legislatif maupun pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden memberi contoh kepada rakyat dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila. Pancasila sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tak henti-hentinya untuk diinternalisasikan dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak. Pemilu yang sukses dalam hal penyelenggaraan akan melahirkan pemimpin yang berkualitas yang dapat membawa kota ini menjadi lebih baik ke depannya. Dalam pelaksanaannya terdapat empat poin penting pemilu sebagai pelaksanaan Kedaulatan Rakyat. Pertama, sarana terjadinya peralihan pemerintahan secara aman dan tertib. Kedua, memberikan kesempatan kepada setiap warga negara untuk menggunakan hak politiknya. Ketiga, Meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat. Keempat, mempertahankan Kedaulatan Rakyat dan tetap tegaknya NKRI.,” tutup Wali kota Caroll Senduk.

    Pada kesempatan itu Walikota Tomohon membuka Sosialisasi tersebut secara resmi.

    Turut hadir Narasumber Akademisi Fakultas Ilmu Sosial Unima Dr. Julien Biringan, M. Si., jajaran Kesbangpol Tomohon,para SMA/SMK dan masyarakat Kota Tomohon.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *