25 June 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Tomohon

    Giat Tata Cara Perhitungan Jumlah Cadangan Beras Pemerintah Daerah dan Penjabaran Peta Kerawanan Pangan, Walikota Caroll: Dengan Perhitungan Yang Benar, Ketersediaan Beras Di Kota Tomohon Akan Tercukupi.

    Radardaerah.com. Tomohon. Kegiatan Tata Cara Perhitungan Jumlah Cadangan Beras Pemerintah Daerah dan Penjabaran Peta Kerawanan Pangan Pada Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon, dilaksanakan di Grand Master Resort Tomohon, sabtu, 9 desember 2023.

    Kepala Dinas Pangan Daerah Kota Tomohon Drs Novy J Kainde MSi
    (unsur penyelenggara kegiatan) menyampaikan,
    Cadangan beras Pemerintah Kabupaten/Kota (CBPK) adalah persediaan beras yang dikuasai dan dikelola oleh Pemerintah Daerah, yang dilaksanakan untuk mewujudkan tingkat kecukupan pangan pokok tertentu dengan harga yang wajar dan terjangkau sesuai dengan kebutuhan masyarakat, mempermudah dan meningkatkan akses pangan bagi masyarakat yang mengalami keadaan darurat dan krisis pangan serta menyediakan bantuan pangan untuk masyarakat rawan pangan.
    Waktu pelaksanaan kegiatan, 9-10 desember.

    Walikota Tomohon Caroll J A Senduk SH memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada Dinas Pangan Daerah yang telah menyelenggarakan kegiatan ini,

    “Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini kita semua dapat sepaham terkait jumlah cadangan beras yang harus ditetapkan dan harus disediakan serta dapat berkontribusi mensosialisasikan kondisi kerentanan dan ketahanan pangan Kota Tomohon kepada masyarakat.
    Untuk meningkatkan ketahanan pangan, diperlukan penguatan cadangan pangan sebagai strategi untuk pemantapan ketersedian pangan Kota Tomohon, ujar Walikota Caroll

    “Jumlah cadangan beras sangat mempengaruhi ketersedian pangan Kota Tomohon sehingga penentuan jumlah wajib kita hitung dengan benar.
    Sampai saat ini jumlah cadangan beras kita berjumlah 27,03 ton jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Kota Tomohon 101.427 jiwa, jumlah tersebut hanya cukup untuk dikonsumsi selama 1 (satu) hari, oleh karenanya kita harus benar-benar memahami penghitungan jumlah cadangan beras agar ketersedian dapat mencukupi kebutuhan konsumsi masyarakat Tomohon,” tegas Walikota Caroll Senduk.


    Selain penguatan cadangan pangan, pemetaan wilayah ketahanan dan kerentanan pangan juga harus diperhatikan untuk mengetahui lokasi tahan dan rentan pangan di Kota Tomohon.

    Waktu pelaksanaan kegiatan, 9-10 desember.

    Narasumber dalam giat ini adalah Kadis Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sulut dr Jemmy J R Lampus MKes.
    Hadir pula, Assisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tomohon Dra Lilly Solang MM bersama unsur terkait lainnya.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *