24 June 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Tomohon

    Ikuti Karnaval Budaya, Kontingen Pemkot Tomohon Pukau Masyarakat dan Pengunjung di Balikpapan

    Radardaerah.com.BALIKPAPAN– Pemerintah Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Walikota Caroll J. A. Senduk, SH turut serta dalam karnaval dalam rangka kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Kota Balikpapan. Kegiatan ini merupakan ajang penting bagi kota-kota di Indonesia untuk mempererat hubungan dan memperkenalkan budaya masing-masing daerah.

    Dalam karnaval tersebut, rombongan dari Kota Tomohon tampil memukau dengan menggunakan pakaian adat khas daerah mereka. Para pria mengenakan pakaian Kabasaran, busana tradisional yang sering digunakan dalam tarian perang Minahasa, yang melambangkan keberanian dan kekuatan. Sementara itu, para wanita mengenakan kebaya, pakaian nasional yang elegan dan anggun, mencerminkan keindahan dan kelembutan budaya Indonesia.

    Walikota Caroll J. A. Senduk mengungkapkan rasa bangganya atas partisipasi Kota Tomohon dalam kegiatan Apeksi ini.

    “Ini adalah kesempatan emas bagi kita untuk menunjukkan kekayaan budaya Tomohon kepada masyarakat luas. Semoga partisipasi kita dalam karnaval ini dapat memperkuat citra Kota Tomohon sebagai daerah yang kaya akan tradisi dan budaya,” ujar Walikota Caroll.

    Kegiatan Apeksi 2024 di Balikpapan tidak hanya menampilkan karnaval, tetapi juga berbagai acara lainnya seperti seminar, pameran produk unggulan daerah, dan pertunjukan seni budaya. Partisipasi Kota Tomohon dalam kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi promosi pariwisata dan ekonomi daerah.

    Keikutsertaan kontingen Pemkot Tomohon Karnaval Budaya disambut antusias oleh masyarakat dan pengunjung yang hadir.

    Ketua Rombongan Karnaval Budaya Pemkot Tomohon Edwin Roring SE ME menyebut bahwa pihaknya menyambut baik pelaksanaan Apeksi yang jadi ajang pertemuan seluruh pemerintah kota se-Indonesia. Wadah tukar pikiran, gagasan sekaligus momen untuk memperkenalkan masing-masing kebudayaan.

    “Dari sisi melestarikan budaya tentunya, kita bisa tahu seperti apa kesenian dari Kota Bau-Bau, Madura dan masih banyak lagi. Ternyata banyak hal unik yang bisa dijumpai. Bangganya, kita mendapatkan sambutan baik dari masyarakat dan pengunjung,” ujarnya.

    Adapun diketahui, ada sekira 80-an lebih rombongan karnaval yang ambil bagian dalam kegiatan yang dipusatkan di BSCC Dome Balikpapan.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *