15 July 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Tomohon

    Luncurkan Aplikasi Mapalus, Caroll Senduk Sebut Ini Upaya Untuk Cegah dan Turunkan Stunting

    Radardaerah.com. Tomohon. Dalam upaya mempercepat penurunan stunting di Kota Tomohon, Pemerintah Kota Tomohon menggelar Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting dan meluncurkan Aplikasi Mapalus. Kegiatan ini berlangsung di BPU Kantor Kelurahan Kakaskasen 2, Kamis (20/6/2024).

    Walikota Tomohon Caroll J.A. Senduk, SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk mempercepat penurunan stunting sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021.

    “Data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023 menunjukkan penurunan prevalensi balita stunting di Kota Tomohon dari 13,7% Tahun 2022 menjadi 10,5% Tahun 2023,” ungkap Walikota Senduk.

    Lebih lanjut, Walikota Senduk menjelaskan bahwa Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting ini bertujuan untuk melaksanakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan percepatan penurunan stunting sehingga dapat menghasilkan anak-anak Kota Tomohon terbebas dari kondisi Stunting.

    Pada kesempatan ini, Walikota Senduk juga menyerahkan secara simbolis bantuan kepada anak-anak stunting di Kecamatan Tomohon Utara serta meninjau langsung Posyandu Balita Kelurahan Kakaskase 2.

    Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, Ketua TP PKK Kota Tomohon Drg. Jeand’arc Senduk Karundeng, Unsur Forkopimda maupun yang mewakili, Perwakilan BKKBN Prov. Sulut Bpk. Ignatius Worung, Satgas TPPS Prov. Sulut Bpk. Sonny Manabung, Anggota DPRD Kota Tomohon Noldy Lengkong , Wakil Dekan Universitas Kristen Satya Wacana Kristiawan Prasetyo Agung Nugroho MSi beserta jajaran Pemerintah Kota Tomohon, dan Pemerintah serta Masyarakat yang ada di 44 Kelurahan di Kota Tomohon.

    Perlu diketahui, Aplikasi Mapalus merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Kota Tomohon untuk membantu dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting. Aplikasi ini menyediakan berbagai informasi dan layanan terkait stunting, seperti data stunting, lokasi posyandu, dan edukasi tentang stunting.

    Dengan diluncurkannya Aplikasi Mapalus, diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang stunting dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kota Tomohon.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *