25 May 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Minahasa

    Hadiri Pelatihan (PKAPD) dan (PKD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulut. Pj Jemmy Kumendong Jadi Pemateri Bawakan Materi Kepemimpinan

    Radardaerah.com.Minahasa. Penjabat Bupati Minahasa Dr. Jemmy Kumendong, M. Si menghadiri Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa (PKAPD) dan Pengurus Kelembagaan Desa (PKD), di Hotel Peninsula Manado. (16/10/23)

    Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Utara bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), menggelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa (PKAPD) dan Pengurus Kelembagaan Desa (PKD).

    Dalam kegiatan ini Pj. Bupati Kumendong menjadi salah satu pemateri.

    Materi yang dibawakan Pj. Bupati ini mengenai Kepemimpinan kepada para Aparatur Pemerintah Desa (APD) Kabupaten Minahasa.

    Sebelumnya pada gelombang ketujuh, beliau juga datang sebagai narasumber dengan memberikan materi mengenai Kepemimpinan.

    Pj Bupati Kumendong menjelaskan jika dana desa bisa dialokasikan untuk penanggulangan bencana alam di desa masing-masing

    “Apabila terjadi bencana alam diwilayah salah satu desa di Minahasa, dana desa harus bisa dialokasikan. Jangan sampai ketika terjadi bencana, desa tidak bisa mengatasi masalah tersebut karena menyangkut dana,” katanya

    Dia juga menegaskan jika seluruh APD harus mampu memimpin desa mereka sesuai dengan aturan yang berlaku.

    “Pemimpin desa harus punya integritas,” tegasnya

    Selain itu, Pj Bupati Jemmy Kumendong, menyinggung bahasa daerah untuk terus dilestarikan disetiap wilayah di Minahasa.

    “Saya harap bahasa daerah tetap dijaga, karena itu menjadi kearifan lokal. Contoh, lagu-lagu yang menggunakan bahasa daerah sekarang sudah berkurang. Untuk itu, pemerintah desa bisa buat lomba cipta lagu bahasa daerah atau nyanyi lagu daerah,” ujarnya.

    Lanjutnya, kepada APD agar jangan sampai budaya lokal Minahasa mulai hilang di era sekarang ini.

    “Ini budaya lokal, orang dari luar bisa mengenal kita Minahasa karena budaya. Selain itu, saya berharap para APD bisa menjalankan fungsi dan tanggung jawab sebaik-baiknya untuk kepentingan desa dan masyarakat,” katanya.

    Pada kegiatan ini juga Wakil Gubernur Sulut Steven membawakan materi terkait Kepemimpinan Adalah Teladan.

    “Sebagai pemimpin atau kepala desa itu harus berintegritas, transparan, presisi, serta beriman. Ini hal – hal dasar yang menurut hemat saya sebagai kunci kepemimpinan,” jelasnya.

    Selain itu, Wagub Steven juga menegaskan kepada seluruh pemerintah desa agar terus mensinergikan baik program pemerintah pusat, pemerintah provinsi dengan pemerintah desa.

    “RPJMDes harus sinergi dengan RPJMD. Desa – desa juga harus menjadi pioner pembangunan di Sulawesi Utara,” tukasnya

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *