20 May 2024

    Alamat Kantor

    Jl. Kembang lorong Nusa Indah No.33, Sario Kotabaru, Kecamatan Sario, Manado

    Telepon

    +62 852-5670-8610

    Email

    info@radardaerah.com

    Tomohon

    Membanggakan, Tangan Dingin Caroll Senduk Hantarkan Pemkot Tomohon Raih Opini WTP ke-11 dari BPK

    Radardaerah.com.TOMOHON– Pemerintah Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Walikota Caroll Senduk SH, kembali menyabet gelar prestisius.

    Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK-RI) Perwakilan Sulawesi Utara.

    Atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023. Jadi pencapaian kali ke-11 secara berturut.

    Penyerahan Opini WTP digelar di Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Rabu, (8/5/2024).

    Dalam sambutannya, Kepala BPK RI Perwakilan Sulut DR Arief Fadillah SE mengatakan, pemeriksaan atas laporan keuangan adalah bagian dari tugas konstitusional BPK, dimana penyerahan LHP ini merupakan rangkaian akhir dari proses pemeriksaan.

    Selaras dengan Pasal 17 Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 mengamanatkan kepada BPK untuk menyerahkan LHP kepada lembaga perwakilan, dan pimpinan entitas sesuai dengan kewenangannya.

    “Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Tomohon beserta jajarannya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan. Capaian ini tidak terlepas dari sinergi yang efektif dari seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dalam pelaksanaan fungsi pengawasan,” ungkap Arief.

    Dilanjutkannya, pemerintah daerah wajib untuk mewujudkan cita-cita pendiri bangsa, yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, yaitu dengan mengelola dan menggunakan setiap satu rupiah uang negara untuk mensejahterakan rakyat.

    “Olehnya kami berharap pada tahun ini, pemerintah daerah dapat terus meningkatkan capaian indikator kesejahteraan rakyat, perolehan Opini WTP akan sia-sia jika kesejahteraan rakyat belum tercapai,” ucapnya.

    Sementara itu, Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH dalam prakatanya menyatakan, capaian ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi pemerintah, karena telah menerima ke-11 kalinya secara berturut-turut.

    “Pemkot Tomohon mengucapkan terima kasih kepada BPK-RI Perwakilan Sulut atas sinergitas yang telah terwujud, selama pemeriksaan yang dilakukan. Tak lupa juga kami memberikan apresiasi kepada BPKP Perwakilan Sulut yang telah mendampingi Pemerintah kota Tomohon dalam Penyusunan LKPD. Serta seluruh jajaran pemkot yang telah berkontribusi sehingga boleh memperoleh Opini WTP ke-11 kali berturut-turut,” sebut Caroll.

    Lain hal dengan Ketua DPRD Tomohon Djemmy J Sundah SE. Dikatakan Sundah yang menyampaikan kiranya lewat sinergitas yang terjalin baik selama ini antar pemerintah, legislatif dan lembaga auditor negara.

    Dapat menjadi motivasi pemerintah, untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dalam proses mensejahterakan rakyat dan memajukan daerah.

    Sembari menambahkan, pihaknya siap menindaklanjuti rekomendasi BPK RI lewat pemantauan serta pengawasan aktif guna optimalnya jalannya pemerintahan.

    Turut hadir dalam kegiatan, Bupati Minahasa Selatan Franky D. Wongkar SH Pelaksana Tugas Ketua DPRD Minahasa Selatan Stefanus Lumowa, SE, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring SE ME, bersama seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon. Ada juga Sekkab Minsel Glady Kawatu SH MSi dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minsel.

    Bagikan
    About Author

    admin

    Tinggalkan Balasan

    Your email address will not be published. Required fields are marked *